5 Tanda Kamu Kecanduan Kartu Kredit

5 Tanda Kamu Kecanduan Kartu Kredit - Salah satu tanda memiliki gaya hidup saat ini salah satunya adalah memiliki kartu kredit. Kecanduan kartu kredit biasanya terjadi pada mereka yang tidak bisa hidup tanpa mengunakan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari atau terjadi kepada mereka yang baru memilki kartu kredit. Hal yang dapat membuat mereka kecanduan biasanya karena kemudahan bertransaksi dan limit belanja yang cukup mengiurkan.


5 Tanda Kamu Kecanduan Kartu Kredit
Sumber: Pixabay

5 Tanda Kamu Kecanduan Kartu Kredit


Pada dasarnya kartu kredit memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat memudahkan kamu bertransaksi. Namun kartu kredit dapat menimbulkan masalah bila kamu tidak cerdas dan bijak dalam mengunakannya.

Maka, sebelum kamu kecanduan menggunakan kartu kredit dan melupakan manfaat kartu kredit sebenarnya, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu lima ciri kecanduan kartu kredit berikut ini:

1. Tidak Pernah Menggunakan Uang Cash


Pada dasarnya jika kamu melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dapat lebih memudahkanmu. Tetapi bila kamu adalah seorang pecandu kartu kredit, kamu akan selalu menggunakan kartu kredit di setiap transaksi apapun, termasuk transaksi yang seharusnya kamu bisa menggunakan uang cash.

2. Merasa Selalu Memiliki Uang


Mereka yang telah kecanduan terhadap kartu kredit juga cenderung merasa selalu memiliki uang meskipun sebenarnya mereka tidak memiliki uang untuk menutupi tagihan kartu kreditnya itu.

Misalnya setiap ada yang mengajak nongkrong, jalan-jalan dan lain-lain, pecandu kartu kredit akan selalu ikut serta dan ia tidak peduli kalau sedang berada diakhir bulan atau belum gajian. Mereka berfikir bahwa mereka mempunyai kartu kredit yang mendorong mereka untuk melakukan hal tersebut walaupun sedang tidak memiliki uang.

3. Memiliki Lebih dari Tiga Kartu Kredit dari Bank Berbeda


Jika kamu memiliki banyak kartu kredit dari bank yang berbeda dan selalu digunakan secara bergantian. Ini berarti kamu punya potensi kecanduan dengan kartu kredit. Manfaat kartu kredit sebenarnya, bukan dilihat dari jumlah kartu kredit yang kamu miliki , tetapi dari jumlah limit kartu kredit dan dimana saja kartu itu bisa digunakan.

Buat pemilik kartu kredit yang dapat menggunakannya secara bijaksana, memiliki satu kartu kredit tidak masalah, selama limitnya cukup besar dan bisa diandalkan.

4. Menutupi Hutang


Salah satu ciri kecanduan kartu kredit selanjutnya adalah menutupi hutang. Ketika orang menanyakan tentang hutang pada kartu kreditmu, kamu selalu berdalih dengan berbagai macam alasan untuk menutupi jumlah hutangmu itu.

Pembayaran secara minimum untuk kartu kredit justru akan membuka jalan para pecandu untuk terus-terusan berhutang kepada bank ataupun orang lain, padahal hutang itu akan terus bertumpuk dan berbunga.

5. Semua Kartu Kredit Overlimit


Jika salah satu dari beberapa kartu kredit yang kamu miliki over limit mungkin itu wajar saja. Apalagi jika uang tersebut digunakan untuk kepentingan yang super penting seperti biaya rumah sakit.

Tetapi apabila semua kartu kredit yang kamu miliki over limit tandanya kamu dalam masalah besar. Taraf kecanduan kamu harus segera dihentikan dan mulai merubah kebiasaan menggunakan kartu.

Bila kamu mempunyai salah satu ciri di atas, segeralah rubah kebiasaan tersebut. Jangan sampai kamu memiliki gaya gali lubang lalu tutup lubang, ini akan mempersulit dirimu sendiri. Maka Lebih baik kamu dapat menikmati manfaat kartu kredit dengan menggunakannya secara cerdas.

Kontributor: HaloMoney.co.id

*)