Peluang Usaha : 4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang

4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang -  Sekarang ini mencari uang memang sulit, hal ini terbukti masih banyaknya orang yang kesusahan dan kesulitan untuk mendapatkan uang. Namun ternyata diluar sana ada banyak orang yang berhasil mendapatkan uang dengan mudahnya, tanpa harus melakukan usaha atau kerja keras seperti orang pada umumnya. Salah satu usaha, produk yang bernilai ekonomis ternyata bisa dibuat dari tulang.

Peluang Usaha: 4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang
Karya Seni Mobil Terbuat dari Tulang | Sumber: Artcarsentral.com


4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang


Siapa yang menyangka dari tulang kita bisa dapat uang, hal ini baru saya sadari ketika saya sedang membeli makanan seblak. Makanan ini merupakan makanan ringan yang sering jajanan yang harganya terjangkau. Seblak biasanya terbuat dari kerupuk mentah yang dimasak menggunakan bumbu khusus dan rasanya pedas, tapi tetap enak.

Awal mula seblak terbuat dari kerupuk mentah, tapi seiring berjalannnya waktu para pedagang mulai mencari ide agar seblek menjadi lebih unik lagi. Sehingga munculah seblak tulang yang dikolaborasikan dengan kerupuk.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa, dengan mudahnya hanya dengan menjual tulang kita bisa dapat uang dan penghasilan. Selain tulang, ada beberapa produk yang bisa dihasilkan dari tulang yang bisa memiliki nilai ekonomis.

1. Tulang Dijadikan Makanan SUP


Diantara kita tentunya sudah banyak yang tau kalau dengan tulang kita bisa membuat makanan SUP yang bisa dijual. SUP merupakan makanan yang berkuah yang berbahan dasar tulang sapi, tulang kerbau, tulang kambing atau pun bahan lainnya. Jika mau dan pakai mengolah tulang menjadi makanan bukan tidak mungkin ini bisa menambah pundi keuangan.

2. Tulang Jadi Makanan Seblak


Seperti yang sudah disampaikan diatas, tulang yang bisa dijadikan bahan untuk seblak adalah tulang ayam dan bukan tulang sapi atau kambing. Dengan campuran bahan serta resep seblak, maka seblak tulang bisa menjadi makanan yang memiliki nilai ekonomis.

Di kota Bandung sendiri dipasar-pasar bisa dengan mudah menemukan pedagang yang menjual tulang dengan harga yang murah yang bisa dijadikan bahan baku untuk membuat seblak. Kalau kreatif mungkin bisa dibuat makanan jenis lainnya.

3. Tulang Jadi Perhiasan


Bagi sebagian orang mungkin tulang akan menjadi barang sisa yang terbuang begitu saja. Namun ditangan orang yang kreatif tulang bisa menjadi perhiasan. Ada banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari tulang yaitu kalung, gelang, batu cincin, tasbih, dan banyak lagi perhiasan lainnya. Tulang yang biasa digunakan untuk dijadikan perhiasanyan adalah tulang yang keras, tebal dan awet seperti tulang onta, sapi dan kerbau.

4. Tulang Jadi Barang Peralatan Sehari-Hari


Salah satu produk yang pernah saya temukan yang digunakan orang untuk dijadikan peralatan adalah tangkai pisau yang terbuat dari tulang. Saya sendiri kurang mengerti caranya, namun saya salut dengan orang seperti ini yang mampu membuat tulang jadi tangkai pisau. Sebenarnya selain tangkai pisau masih banyak lagi peralatan yang bisa dibuat, kreasi dari tulang.

Kesimpulan


Nah itulah beberapa produk yang bisa menghasilkan uang yang berbahan dasar tulang. Bagi sebagian orang ini tulang merupakan sampah, tapi ditangan orang yang kreatif ini bisa menjadi barang yang bermanfaat yang bisa memiliki nilai jual. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk tetap berkarya dan berinovasi.

*)