8 Perlengkapan Ini Kamu Butuhkan untuk Bisnis Jual Beli Online

8 Perlengkapan Ini Kamu Butuhkan untuk Bisnis Jual Beli Online - Ketika memulai bisnis tentunya kita membutuhkan beberapa hal yang harus disediakan. Hampir sama ketika kita ingin travelling kesuatu tempat, tentunya kita membutuhkan berbagai macam peralatan yang harus disediakan.

Peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan tersebut harus dipenuhi dan dilengkapi. Misalnya tas ransel, pakaian persediaan, makanan, minuman, uang, sepatu, dan berbagai kebutuhan pribadi lain. Begitu juga dengan berbisnis online, ada beberapa hal yang dibutuhkan.


8 Perlengkapan Ini Kamu Butuhkan untuk Bisnis Jual Beli Online
Sumber: Thenextweb.com


8 Perlengkapan Ini Kamu Butuhkan untuk Bisnis Jual Beli Online


Untuk kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis online. Berikut ini ada beberapa perlengkapan yang paling kamu butuhkan untuk berbisnis online diantaranya.


1. Memiliki Rekening Bank untuk Memudahkan Transaksi Bisnis Online


Jika berbisnis online sebaiknya teman-teman harus memiliki rekening bank yang aktif. Rekening ini berguna untuk kemudahan transaksi untuk berbisnis online. Misalnya kita berjualan online di internet, dibeberapa situs jual beli atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan situs lain.

Di situs tersebut biasanya membutuhkan rekening yang berguna untuk kegiatan transaksi di situs jual beli online, jika ada transaksi bisa dikirim kerekening kita yang tertera di situs jual beli. Sebenarnya bukan hanya berjualan di situs jual beli saja yang membutuhkan rekening, tapi berjualan di sosial media juga membutuhkan rekening untuk transaksi.

Jika belum memiliki rekening sebaiknya buatlah rekening terlebih dahulu, saya sarankan jika ingin membuat rekening buatlah di bank syariah, karena biaya administrasinya tidak besar dan bahkan tidak ada biaya administrasi. Sehingga uang yang terkumpul direkening kita tidak banyak berkurang.


2. Memiliki Kontak yang Bisa Dihubungi oleh Konsumen atau Pihak Tertentu


Nomor kontak seperti nomor handphone, pin BB, Line, email atau WhatsApp berguna untuk berkomunikasi dengan mitra bisnis. Misalnya dengan pembeli, atau investor bisnis online kita. Dengan pembeli misalnya jika ada pembeli yang tertarik dengan barang dagangan kita, mereka bisa menghubungi kontak yang tersedia. Begitu juga dengan investor.


3. Memiliki Akun di Sosial Media untuk Mempermudah dan Menambah Saluran Komunikasi


Saya sarankan juga, jika ingin berbisnis online sebaiknya gunakan sosial media. Jika hanya mengandalkan kunjungan situs jual beli rasanya masih kurang. Tapi jika kita bagikan produk kita yang kita jual di situs jual beli ke sosial media, setidaknya ini akan membantu jumlah penjualan.

Misalnya jual di Berniaga kemudian url kita di Berniaga di bagikan ke Facebook, nantinya pasti ada yang tertarik membukanya. Mana tau ketika membuka ada yang tertarik untuk membelinya. (Selain itu, sosial media juga berguna untuk komunikasi).

Bukan hanya membagikan disosial media saja sih, kita berjualan di sosial media seperti Instagram juga bisa. Saat ini banyak pebisnis online shop yang membuka toko online di Instagram. Hasil juga lumayan, ditambah lagi Instagram merupakan salah satu kandidat sosial media yang naik daun.


4. Memiliki Peralatan Komunikasi Seperti HP, Smartphone, Laptop atau Komputer PC


Ketika berbisnis online usahakan sobat sudah memiliki peralatan yang saya sebutkan diatas. Misalnya handphone itu untuk kemudahan komunikasi baik SMS atau telepon. Laptop atau Komputer PC juga bisa membantu kita memantau perkembangan toko online kita di Internet.

Tetapi sebenarnya hanya dengan satu perangkat smartphone saja kita bisa berbisnis online, karena smartphone dengan semua kecanggihannya bisa memudahkan kita dalam berkomunikasi dan menjelajahi dunia maya internet.


5. Pastikan Memiliki Pulsa dan Kuota Internet yang Cukup untuk Memudahkan Koneksi Internet


Berdasarkan pengalaman saya, pulsa dan kuota internet merupakan hal yang penting buat kelangsungan bisnis online kita. Pulsa berguna untuk menanggapi semua pertanyaan seputar produk yang di jual, sedangkan kuota internet berguna untuk memudahkan koneksi dengan Internet.

Sehingga kita bisa memantau perkembangan bisnis online kita di Internet. Percuma punya handphone tapi tidak punya kuota dan pulsa, karena nanti juga akan susah berkomunikasi.


6. Memiliki Kamera dengan Kualitas Gambar yang Bagus


Jika ingin berbisnis jual beli online kualitas gambar merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kualitas gambar yang bagus yang dihasilkan kamera yang bagus akan menambah minat pembeli terhadap barang yang di jual secara online. Kamera berguna untuk memotret produk dan kemudian di unggah ke toko online di internat.

Jujur saja, saya lebih tertarik dengan penjual yang menampilkan gambar yang jernih dan menarik, ketimbang penjual yang menggunakan gambar yang rusak, pecah-pecah dan blur. Jika tidak ingin ada calon pembeli yang seperti saya, usahakan gunakan kamera yang mumpuni. Tapi saat ini kamera yang bagus sudah banyak terselip di perangkat smartphone.


7. Memiliki Modem atau Perangkat Pemancar Sinyal Lainnya


Jika menggunakan komputer atau laptop sudah barang tentu kita membutuhkan modem yang memiliki kuota internet. Modem berguna untuk bisa online, berdasarkan yang saya alami modem dan laptop merupakan 2 benda yang tidak bisa dipisahkan.

Kalau memiliki sinyal wifi dari speedy sepertinya tidak perlu lagi yang namanya modem. Tinggal tangkap wifi atau colokin kekabel jaringan langsung bisa terkoneksi dengan internet. Tapi dengan smartphone juga bisa terkoneksi dengan internet sehingga tidak perlu lagi modem.


8. Memiliki Produk yang Akan Dijual Kepada Konsumen atau Calon Konsumen


Produk itu bukan hanya barang saja, tapi jasa juga bisa disebut produk yang memiliki nilai jual. Oleh sebeb itu ketika kita ingin menjual produk online, sebaiknya kita harus memiliki produk yang ingin dijual. Jangan sampai ketika ada yang tertarik ingin membeli tapi produknya tidak ada.


Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman kira-kira itulah yang dibutuhkan ketika berbisnis online. Informaasi ini hanya rekomendasi yang bisa dijadikan referensi. Sebenarnya selain hal diatas masih ada lagi yang dibutuhkan ketika berbisnis online. Tapi yang terpenting dan paling dibutuhkan ketika berbisnis jual beli online adalah kemauan dan tekad yang kuat untuk berbisnis.

*)