Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle Art

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle – Mungkin banyak orang tidak telalu mengerti tentang apa itu Doodle art. Mungkin banyak pula yang tidak mengerti bagaimana cara membuat doodle yang bagus dan menarik. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai doodle dan bagaimana cara menjalankan bisnis jasa pembuatan doodle.


Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle
Doodle yang dijual | Sumber: Flickr


Apa itu Doodle Art atau Seni Doodle?


Berdasarkan banyak sumber doodle art merupakan seni yang dibuat dengan cara coret-mencoret yang bentuknya abstrak namun terlihat menarik,unik, tapi tetap bagus dilihat. Hasil coretan doodle art ini kadang bisa memiliki makna dan bisa pula tidak bermakna. Kadang kita tidak menyadari bahwa coretan-coretan yang dibuat merupakan bentuk dari doodle art.

Oleh sebab itu dengan kemampuan membuat doodle art ada baiknya ini dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari hobi membuat doodle art. Salah satu caranya dengan membuat usaha jasa pembuatan doodle art.

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle


Sebenarnya kemampuan apapun yang kita miliki seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa mendapatkan uang itu harus dengan kerja keras. Padahal dengan kerja mudah, santai,bebas berkreasi dan bisa menyalurkan hobi pun bisa mendatangkan penghasilan.

Punya kemampuan menggambar doodle art bisa dimanfaatkan dengan membuka usaha jasa doodle art. Sekarang ini doodle art sudah mulai memiliki banyak pengemar, hal ini terbukti dari adanya orang yang membuka jasa doodle art. Ini merupakan gambar yang diambil dari Flickr.com seorang doodler dengan nama akun Linderesa yang berhasil membuat bisnis jasa pembuatan doodle art.

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle
Sumber: Flickr

Cara Promosi, Agar Usaha Jasa Pembuatan Doodle Art di Kenal Orang


Agar bisnis jasa doodle art yang dibuat bisa berhasil mendatangkan calon pengguna jasa sebaiknya ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mempromosikannya. Ada banyak tempat untuk berpromosi usaha jasa pembuatan doodle art yaitu dengan:


  • Menggunakan situs jual beli seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, atau situs lainnya.
  • Menggunakan sosial media seperti Instagram, Google Plus, Facebook, Twitter, Flickr dan banyak lagi.
  • Menggunakan blog baik itu Wordpress, Blogspot, Blog, Blogdetik, dan banyak lagi.
  • Menggunakan forum baik itu Kaskus, Detik, Kompas, Tribunnews, Merdeka, Bersosial, dan banyak lagi situs forum lainnya.
  • Menggunakan instan message seperti Line, BBM dan lain-lainnya.
  • Menggunakan media lain seperti brosur atau promosi dari mulut kemulut.


Cara agar Usaha Jasa Pembuatan Doodle Art Laku Dilirik Orang


Memang tidak mudah dalam menarik minat orang untuk menggunakan jasa kita oleh sebab itu perlu membuat beberapa cara agar kita benar-benar dipercaya oleh orang lain.


  • Membuat portofolio, ini berguna agar orang bisa melihat hasil doodle art yang pernah kita kerjakan. Ini sebagai bukti bahwa kita memang bisa membuat doodle art.
  • Caranya dengan mendokumentasikan doodle art yang kita buat untuk orang lain kemudian di posting di blog, sosial media atau di messeger (BBM, Line).
  • Buat tampilan yang menarik dan unik, jika perlu tambahkan warna agar lebih joss.Jangan lupa foto dengan kamera resolusi tinggi agar gambar yang dilihat orang lebih jernih dan bagus.
  • Buka sistem custom atau calon pembeli bisa membuat doodle sesuai dengan yang diinginkannya misalnya memberikan bingkai, pilihan ukuran dan banyak lagi.


Kesimpulannya


Nah itulah peluang bisnis jasa pembuatan doodle art yang bisa mendatangkan penghasilan. Meskipun ini simple namun jika ditekuni dengan serius bisa mendatangkan pundi-pundi uang terutama bagi mereka yang memiliki hobi membuat doodle art. Semoga sukses buat para doodler, semoga tidak berhenti berkarya.

*)