Peluang Usaha Boneka Wisuda Menjelang Musim Wisuda di Indonesia

Peluang Usaha Boneka Wisuda Menjelang Musim Wisuda di Indonesia - Wisuda bisa dibilang sudah menjadi tradisi tahunan dikampus-kampus di seluruh Indonesia. Bahkan sangking seringnya diadakan wisuda, dikampus-kampus tertentu diadakan tiga gelombang wisuda. Dan biasanya itu bulan April, Agustus dan bulan Desember.

Di kampus saya Universitas Pendidikan Indonesia (dulunya IKIP Bandung) di kota Bandung setiap tahapan gelombang wisuda hampir 2 ribu mahasiswa di wisuda disetiap tahapan wisuda. Sehingga dengan banyaknya jumlah wisudawan dan wisudawati, sangat potensial sekali jika momen wisuda ini dijadikan ajang untuk berbisnis boneka wisuda.


Bagaimana Boneka Wisuda ini Bisa Dimanfaatkan Sebagai Peluang Bisnis?


OK. Sebelum membahas bisnis produk boneka wisuda ada baiknya kita membahas sedikit tentang kegiatan wisuda. Wisuda merupakan puncak dimana mahasiswa berhasil melewati proses pendidikan tingginya yang pertama. Wisuda yang saya maksudkan disini adalah wisuda sarjana alias S1.

Untuk sarjana yang S1 biasanya euforia ketika lulus lebih besar ketimbang S2 atau S3. Apalagi kata “orang-orang tertentu” perjuangan untuk lulus S1 itu lebih sulit ketimbang S2 atau S3. Sehingga ketika lulus pun ada beberapa souvenir yang diberikan oleh panitia wisuda ada yang berupa piagam, karangan bunga, seikat bunga, dan juga souvenir kecil lainnya. Souvenir kecil lainnya tentunya boneka wisuda.

Souvenir ini biasaya berguna untuk kenang-kenangan, sebagai buah tangan yang bisa dibawa pulang kekampung halaman bagi yang orang daerah seperti saya. Dan juga bisa untuk pajangan dirumah, sebagai bukti bahwa kita pernah diwisuda.

Di kampus saya biasanya souvenir boneka wisuda diberikan oleh panitia yang ukurannya agak sedang. Kira-kira yang kisaran harga 20 sampai 30 ribu rupiah. Dan jumlahnya juga lumayan banyak. Sejauh yang saya ketahui yang memberikan souvenir boneka wisuda bukan hanya jurusan saya, jurusan yang lain juga memberikan souvenir boneka wisuda secara gratis kepada wisudawan dan wisudawatinya.

Bisa dibayangkan saja jika panitia yang mengurusi wisuda membeli souvenir boneka wisuda ke kita. Lumayan juga kalau dihitung-hitung, misalnya dengan harga 25 ribu rupiah dikalikan dengan jumlah wisudawan di satu jurusan misalnya 30 orang. Jika satu jurusan dengan 30 orang yang diwisuda, kemudian dibelikan boneka wisuda oleh panitia wisuda, kita bisa mendapatkan omset sebesar 750 ribu rupiah.

Itu baru satu jurusan dengan 30 pesanan, jika ada banyak pesanan yang lebih dari 30 pesanan, dari jurusan lain dan fakultas lain. Akan sangat banyak sekali omset yang akan kita dapatkan. Jika diasumsikan ada 500 orang yang diwisuda dari satu kampus dengan souvenir boneka wisuda yang dibeli dari kita, berarti kita bisa mendapatkan omset 12,5 juta rupiah untuk satu kali wisuda di satu kampus.

Untuk omset 12,5 rupiah untuk satu kali gelombang wisuda disatu kampus menurut saya merupakan angka yang lumayan besar. Belum lagi jika harganya sedikit di tinggikan, dengan jumlah yang lebih banyak dan dengan kampus yang lebih banyak. Maka bisa dipastikan jika omset yang kita dapatkan akan lebih besar lagi.

Jika melihat omsetnya yang besar tentunya akan ada yang tertarik untuk memulai bisnis ini. Tapi yang terpenting yang harus kita ketahui, disana ada pasarnya atau tidak? Maksud pasar yang saya maksud disini adalah pembelinya. Jika potensi pasar atau pembelinya tidak ada, saya tidak merekomendasikan bisnis jual boneka wisuda.

Untuk daerah atau kota yang memiliki kampus, bisnis boneka wisuda merupakan bisnis yang potensial untuk dijalankan. Semakin banyak kampus maka akan semakin bagus untuk menjalankan bisnis boneka wisuda.

Sebenarnya bisnis ini bakan hanya untuk pemula saja, untuk pebisnis boneka yang sudah memulai bisnisnya juga bisa menyasar ke bisnis pembuatan boneka wisuda. Karena pasarnya sudah ada, menurut saya ada baiknya bisnis ini juga dijalankan sebagai bisnis musiman.

Artinya hanya dijalankan ketika ada orderan pas wisuda saja. Jika musim wisuda sudah berakhir kita bisa kembali menjalankan bisnis boneka yang lain atau bisnis lainnya.

Bisnis boneka wisuda ini menurut saya bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan ibu rumah tangga. Di kampus saya bisnis boneka wisuda ini sudah dijalan oleh mahasiswa yang omsetnya sudah mencapai puluhan juta pertahun. Dan ini bagus untuk ditiru, masih mudah tapi sudah memiliki penghasilan sendiri. Dan bagi ibu rumah tangga ini bisnis juga bisa dijalankan untuk mengisi waktu luang.

Menurut saya bisnis seperti ini bukan hanya cocok di kota Bandung dan kampus tempat saya kuliah saat ini. Tapi bisnis ini juga cocok dijalankan di daerah atau kota serta kampus lain yang ada di seluruh Indonesia. Yang paling direkomendasikan didaerah yang memiliki kampus.

*)