Peluang Usaha : Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir

Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir – Bagi sebagian orang mungkin ini terdengar konyol, khususnya bagi teman-teman yang berada didaerah. Halaman rumah tidak mungkin bisa dijadikan lahan bisnissewa parkir. Namun untuk wilayah perkotaan ini merupakan hal yang biasa.

Di perkotaan lahan kosong sudah menjadi sesuatu yang langka, karena lahan kosong banyak yang beralih fungsi menjadi tempat berdiriya gedung-gedung tinggi atau bangunan besar, serta dijadikan permukiman warga. Jadi jangan heran jika banyak warga perkotaan yang membangun rumah diatas bantaran sungai, karena diperkotaan sulit sekali mencari lahan luas yang harganya murah.

Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir
Sumber: Pixabay

Lahan Kosong di Perkotaan Harganya Sangat Mahal


Harga tanah diperkotaan memang sangat mahal membuat banyak tempat yang ramai dikunjungi kekurangan lahan parkir. Diperkotaan harga lahan atau tanah sepetak yang ukurannya hanya beberapa meter untuk parkir sangat mahal, jadi banyak orang yang memiliki mobil memarkirkan mobilnya dipinggir jalan (agar dapat parkir secara gratis).

Selain itu ada pula yang memilih memarkirkan mobilnya di mall, masjid, kampus dan tempat yang menyediakan parkir murah lainnya. Dengan keadaan yang seperti ini ada baiknya kita memanfaatkannya sebagai lahan bisnis.

Bisnis Buka Tempat Penyewaan Lahan Parkir


Ini bisa dilakukan bagi mereka yang diperkotaan tidak memanfaatkan lahan untuk didirikan bangunan. Ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menyediakan lahan kosong lalu tinggal dikasi mesin atau palang pintu khusus mesin parkir.

Ada pula yang lebih simple lagi yaitu tidak menggunakan mesin parkir. Jadi system perhitungannya menggunakan system member yang dibayar disetiap akhir bulan. Nantinya mereka yang terdaftar sebagai member yang boleh parkir ditempat tersebut.

Agar kapasitasnya lebih besar lagi bisa dengan menambah gedung dengan bertingkat keatas hingga 3 sampai 4 tingkat. Ini kapasitas parkirnya akan lebih besar lagi. Sistem parkir seperti ini banyak diterapkan oleh mall besar di kota besar di Indonesia. Sistem seperti ini juga bisa diadopsi untuk bisnis parkiryang kita jalankan (kalau punya modal besar).

Dengan besarnya peluang ini ada salah satu tempat dekat dengan Mall Bandung Electronic Centre (BEC) tempat yang dulunya bangunan malah dirobohkan atau dibongkar hingga rata dengan tanah. Sekarang tempat tersebut malah diganti menjadi lahan parkir motor.

Lahan tersebut memang tidak begitu luas hanya berukuran 8 meter x 20 meter saja. Namu dengan jumlah kendaraan yang selalu ramai, bisa dipastikan sangat besar keuntungan yang didapatkannya.

Bisa Menjadi Passive Income


Pekerjaan ini memang mudah sekali karena tidak seperti bisnis lain yang membutuhkan totalitas tinggi. Bisnis ini bisa ditinggal tanpa harus diperhatikan setiap hari, agar mudah bisa mempekerjaan karyawan 1 sampai 2 orang. Dengan bisnis seperti ini tanpa harus dikelola terus menerus bisa jadi sumber pendapatan yang bisa diambil tiap hari atau tiap bulan.

Bisnis ini Tidak Cocok Diterapkan Disemua Tempat


Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, bisnis ini merupakan bisnis yang cocok dilakukan untuk wilayahh perkotaan saja karena lahan parkir yang sempit. Namun untuk daerah yang penduduknya tidak padat seperti didaerah, bisnis tidak direkomendasikan.

Cocok sekali untuk daerah yang dekat dengan pusat keramaian seperti mall, pusat perbelanjaan di perkotaan, kampus swasta dan permukiman yang padat penduduk.

Kesimpulannya


Bisnis itu tidak memandang tempat dan keadaan, bahkan keadaan yang sempit (lahan sempit) bisa dijadikan lahan bisnis yang menghasilkan uang. Namun kembali lagi kepada kita masing-masing ini memanfaatkan bisnis ini atau tidak. Kalaupun bisnis ini tidak menguntungkan, bisa memilih alternative bisnis lainnya.

*)