6 Peluang Investasi yang Aman dan Menguntungkan

6 Peluang Investasi yang Aman dan Menguntungkan - Banyak pakar ekonomi yang mengatakan jika saat ini di Indonesia sedang terjadi penggelembungan masyarakat kelas menengah. Dalam ekonomi, masyarakat kelas menengah bisa dibilang masyarakat yang sejahtera. Meskipun tidak kaya-kaya amat, tapi mereka cukup mampu untuk membeli apa pun yang mereke inginkan seperti membeli mobil, rumah, gadget, perhiasan, dan lain-lain sebagainya.

Tidak seperti masyarakat ekonomi menengah di luar negeri yang gemar dan suka berinvestasi, orang-orang kelas menengah di Indonesia lebih cederung menjadi masyarakat yang konsumtif. Konsumtif memiliki arti yaitu hanya bisa memakai, menggunakan atau memakannya saja tapi tidak bisa, tidak mau membuat.

Tak heran, jika pola konsumsi orang-orang Indonesia yang tinggi ini dimanfaatkan oleh sejumlah produsen dari luar negeri baik itu dibidang fashion, teknologi otomotif, komputer, gadget, dan berbagai bidang lainnya. Banyak produsen dari luar berlomba-lomba masuk ke pasar Indonesia untuk menjual barang produksi yang mereka buat ke Indonesia, karena mereka yakin produk mereka pasti laku keras ketika di jual di Indonesia.

Padahal alangkah baiknya jika uang yang kita miliki tersebut tidak dihambur-hamburkan begitu saja. Karena akan sangat disayangkan sekali jika uang yang kita miliki malah dibawa ke luar negeri. Masih mending, jika kita membeli barang-barang yang produsennya orang dalam negeri, meskipun uang kita habis tapi uang tersebut masih berputar didalam negeri sendiri.

6 Peluang Investasi yang Aman dan Menguntungkan
Sumber: Pixabay

6 Peluang Investasi yang Aman dan Menguntungkan


Pola konsumsi yang terlalu tinggi dari sudut pandang ekonomi juga tidak baik, karena akan membuat kita terlalu bergantung dengan orang lain. Untuk itu ada langkah lain yang sekiranya mampu mengurangi sifat konsumtif yaitu dengan menabung dan berinvestasi. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bentuk-bentuk investasi yang aman dan menguntungkan di Indonesia.


1. Investasi di Bidang Bisnis Properti


Di Indonesia, bisnis properti atau tanah memang tidak ada matinya. Setiap tahun selalu saja terjadi peningkatan harga jual properti. Tidak butuh waktu yang lama, harga properti di Indonesia bisa meningkat pesat hingga berkali-kali lipat. Meskipun investasi bisnis properti membutuhkan modal yang besar tapi untungnya juga besar.

Untuk kota-kota besar harga properti meningkat dengan sangat cepat. Tak heran jika Indonesia menjadi negara yang harga propertinya mahal di dunia. Memang benar berdasarkan pengalaman sendiri, harga tanah atau properti itu tidak pernah turun selalu meningkat dari waktu ke waktu. Di tahun pertama misalnya kita membeli dengan harga 100 juta, tapi dalam waktu lima tahun harga seratus juta bisa naik menjadi 200 bahkan 300 juta, apalagi kalau posisinya strategis.


2. Investasi Emas Batangan


Emas batangan merupakan investasi yang aman, karena seperti yang kita ketahui, tidak pernah kita lihat harga emas turun. Dari tahun ke tahun harga emas selalu saja meningkat. Walaupun untuk berinvestasi emas membutuhkan modal yang besar, menurut saya tidak masalah selagi investasinya bisa aman dan menguntungkan.

Kalaupun harganya emas turun yang jelas harganya tidak akan jatuh terlalu jauh, minimal BEP (Break event Point) alias balik modal. Misalnya jika harga emas 24 juta perbatang atau perkeping, kalau harga emas turun tidak akan jauh dari angka 24 jutaan. Investasi emas sudah banyak diterapkan diberbagai negara, di Singapura masyarakatnya juga banyak yang berinvestasi emas.


3. Investasi Perhiasan


Jika kita berbicara atau membahas tentang perhiasan, tentunya kita akan teringat dengan wanita. Bukan bermaksud menjatuhkan atau mendiskritkan wanita, tapi memang bisa diakui jika wanita sangat menyukai perhiasan, baik itu kalung, gelang sampai berlian.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kesukaan wanita akan perhiasan. Toh ini juga bermanfaat buat wanita itu sendiri atau keluarganya. Misalnya saja, jika wanita memiliki banyak perhiasan emas atau perhiasan lainnya, ketika lagi kepepet atau butuh uang dengan mudah kita bisa menjualnya dengan harga yang sama atau bahkan lebih mahal. Ketika membeli harganya 10 juta, ketika dijual kembali kita juga bisa mendapatkan uang 10 jutaan.

Sehingga jangan marah jika wanita suka mengoleksi perhiasan, karena perhiasan juga bisa dijadikan tempat untukk investasi yang aman. Hanya saja ketika kita memiliki banyak perhiasan kita perlu menyimpannya ditempat yang aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


4. Investasi Tanaman Kayu


Tidak semua kayu cocok dijadikan tempat berinvestasi, hanya jenis tanaman kayu tertentu yang cocok sebagai tempat untuk berinvestasi. Di pulau Jawa sendiri saat ini banyak orang yang berinvestasi untuk tanaman kayu jati. Di pulau Sumatra dan Kalimantan banyak orang yang berinvestasi menanam kayu Garahu.

Kedua jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang memiliki harga jual yang tinggi dibandingkan dengan jenis tanaman kayu-kayuan yang lain di Indonesia. Jika usia satu batang pohon jati usia 5 sampai 10 tahun, harganya bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan harga bibit kayunya.

Begitu pula kayu Garahu, jenis kayu ini jika usianya diatas 5 tahun atau diatas 10 tahun harganya bisa mencapai jutaan. Ada yang 20 juta ada juga yang satu batang pohonnya memiliki harga 100 juta lebih. Kayu ini begitu mahal karena memiliki khasiat yang banyak dan bernilai jual ekspor. Ada dua keuntungan yang kita dapatkan, yang pertama untuk penghijauan dan yang kedua bisa mendapatkan uang ketika panen.

Sebenarnya jenis kayu yang lain juga bisa dijadikan tempat berinvestasi, hanya saja nilainya tidak begitu besar. Dan yang paling penting, untuk investasi ini pastikan jika kita mengetahui tempat untuk menjualnya.


5. Investasi Perkebunan


Sudah banyak yang tau jika Indonesia memiliki tanah yang subur, apapun yang ditanam bisa tumbuh di Indonesia. Dengan wilayah yang luas, banyak lahan dijadikan tempat perkebunan misalnya perkebunan kelapa sawit, perkebunan karet, perkebunan teh, perkebunan coklat, perkebunan kopi dan banyak lagi.

Seiring dengan meningkatnya harga komditi tersebut, tidak salah jika kita berinvestasi untuk mengelola perkebunan. Ketika kita memiliki perkebunan, kita bisa menyerahkan pengelolaanya kepada pihak ketiga misalnya pekerja atau pegawai kebun. Dan hasil panennya setelah dikurangi dengan gaji pekerja, pupuk dan pengeluaran lainnya, kita sudah bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya.


6. Investasi di Perusahaan Tekonologi


Berdasarkan pengamatan saya, perusahaan teknologi merupakan lahan investasi yang cocok. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya investor luar negeri yang masuk ke Indonesia, ataupun investor Indonesia yang berinvestasi di perusahaan teknologi seperti e-commerce, sosial media, forum online, situs jual beli, dan banyak lagi. Ini menandakan bahwa perusahaan teknologi memiliki potensi yang baik untuk masa yang akan datang. Di buktikan pula dengan nilai investasi yang jumlahnya milyaran.


Kesimpulan

Jika kita kembali pada topik sebelumnya yaitu investasi yang aman dan menguntungkan. Sebenarnya investasi tidak jaminan keamanan, karena masih mengandung risiko yang lumayan besar jika kita salah strategi dan analisis. Hanya saja risiko tersebut bisa diminimalisir dengan cara memilih tempat investasi yang pas dan cocok. Pilih perusahaan atau company yang memiliki track record kinerja perusahaan yang baik.


*)