Kisah Sukses : Ouval Research Usaha Clothing yang Sukses asal Bandung

Ouval Research, Usaha Clothing yang Sukses asal Bandung – Sejak dulu orang-orang dari seluruh dunia selalu berharap bahwa krisis tidak pernah terjadi bahkan di Indonesia juga demikian. Bagi sebagian orang mungkin masih segar dalam ingatan mereka bagaimana keadaan perekonomian Indonesia pada krisis 1998.

Ketika krisis 1998 perekonomian Indonesia sedang terombang ambing tak jelas arahnya ingin kemana. Kurs rupiah terhadap dollar sangat lemah. Banyak perusahaan yang bangkrut dan memberhentikan karyawannya. Aksi demontrasi ada dimana-mana. Hingga puncaknya lahirnya reformasi hingga saat ini.

Namun ternyata dibalik krisis 1998 ada hikmah yang bisa dipetik yaitu muncul-munculnya entrepreneur-entrepreneur muda yang memiliki ide yang menarik dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu bidang yang melahirkan entrepreneur muda adalah pengusaha industri fashion, yaitu distro atau Distribution Outlet.

Kisah Sukses : Ouval Research Usaha Clothing yang Sukses asal Bandung
Sumber: Ghiboo.com


Awal Mula Berdirinya Ouval Research atau RSCH


Distro populer muncul dan berkembang pesat sejak krisis 1998 yang dimulai dari kota Bandung. Menurut majalah Marketing distro atau Distribution Outlet merupakan jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian atau aksesosri yang dititipkan oleh pembuatnya atau diproduksi sendiri oleh pembuatnya.

Tak disangka setelah krisis ekonomi distro berkembang pesat diseluruh kota besar di Indonesia. Pada saat krisis juga Ouval Research (RSCH) brand distro asal Bandung ini berdiri.

RSCH didirikan sekaligus dimiliki oleh Rizki Yanuar. Dalam mengembang bisnis yang dijalankannya Rizki menerapkan strategi agar distronya bisa berjalan dan terus berkembang karena diluar sana ada banyak orang yang ingin mengembangkan distro tapi bangkrut.

Strategi Bisnis Ouval Research atau RSCH


Untuk bisa berkembang distro miliknya mengikuti lifestyle yang sedang berkembang. Selain itu RSCH juga menggunakan endorser musisi lokal seperti Pure Saturday, Mocca, Laluna, Angsa Srigala, The Milo, dan lain-lain. RSCH juga menjalin kerja sama dengan majalah, radio, stasiun televisi dan juga ikut mendukung suatu acara tertentu.

RSCH selalu berusaha untuk membangun brand image yang dimilikinya. RSCH memposisikan brandnya sebagai brandnya para anak muda. Ini bisa terlihat dari terget pasar, endorser, kreatifitas, desain konsep yang diusung dan inovasi yang mereka lakukan.

Kesuksesan Ouval Research atau RSCH


Setelah berbagai macam strategi dilakukan oleh RSCH dan kini hasilnya bisa kita lihat sendiri. Bentuk nyata dari keberhasilan RSCH yaitu mereka berhasil membuka delapan cabang diberbagai kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Bandung, Bali, Makasar, Jakarta dan Surabaya.

Sekarang Ouval Research setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan penjualan sebesar 20% pertahun. Semoga nantinya ada banyak lagi pengusaha muda yang kreatif seperti Rizki Yanuar yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi. Beliau ini juga pernah menjadi pemateri untuk seminar wirausaha di kampus saya pada beberapa tahun yang lalu di UPI Bandung.