Peluang Usaha : Makanan Apa yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus?

Makanan Apa yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus? - Dunia kampus merupakan dunia yang sangat jauh berbeda dengan dunia sekolah. Lingkungan kampus juga berbeda dengan lingkungan sekolah. Orang-orang yang kita temukan juga berbeda.

Kampus merupakan lingkungan yang menjadi tempat untuk menuntut ilmu bagi banyak orang. Di kampus saya di kota Bandung (UPI Bandung) saja setiap tahun ada sekitar 6.000 mahasiswa baru yang masuk ke kampus.

Diperkirakan mahasiswa untuk kampus saya berjumlah lebih kurang 30.000 mahasiswa. Ini merupakan jumlah yang besar dan berkali-kali lipat dibandingkan dengan jumlah anak sekolah waktu SMA dulu.

Dengan jumlah mahasiswa yang banyak tersebut tentunya kebutuhan untuk konsumsi merupakan hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Sehingga berbagai macam permintaan makanan datang dari kalangan mahasiswa.

Makanan Apa yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus?
Sumber: Pixabay

Apa Makanan yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus?


Saya merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir (doakan ya skripsi saya cepat selesai hehe), sudah 3 tahun lebih saya menyandang status mahasiswa. Jadi saya tahu betul makanan apa saja yang laku dijual untuk mahasiswa. Apalagi kebanyakan mahasiswa merupakan anak kost jadi saya juga banyak tahu makanan apa saja yang dibutuhkan oleh anak kost.

Untuk jenis makanan yang disukai mahasiswa sebenarnya sedikit berbeda dengan anak SMA. Ketika SMA dulu biasanya lebih menyukai makan ringan atau makanan cemilan alias makanan ringan. Namun berbeda lagi dengan anak kuliah atau mahasiswa yang kuliah di kampus.

Mahasiswa atau anak kuliahan biasanya juga menyukai makanan ringan seperti di SMA dulu tapi dimakan bersama dengan makanan berat. Makanan ringan disini maksudnya kerupuk, gorengan dan jajanan lainnya. Sedangkan makanan berat adalah makanan yang mengandung nasi contohnya nasi dan ayam goreng, nasi padang, nasi goreng dan seterusnya.

Agar lebih mudah akan saya ilustrasikan, misalnya kita makan nasi ayam goreng tapi ditambah dengan gorengan (makanan ringan + makan berat). Tapi yang seperti ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki sumber daya uang yang minim contohnya anak kosan.

Mahasiswa kosan biasanya memilih makanan yang bisa untuk sekalian sarapan, makan siang atau makan malam. Jadi tidak ada istilah jajan, karena jajannya sekaligus untuk makan. Namun anak kosan yang memiliki sumber daya dana yang besar biasanya mereka juga membeli makanan lainnya.

Mahasiswa biasanya sering membeli makanan ketempat yang harganya murah meriah seperti warteg, kantin, warung nasi padang dan rumah makan kecil lainnya.

Selain itu mahasiswa biasanya juga menyukai jajanan yang unik dan yang berbeda dengan makanan pada umumnya. Makanan unik yang biasanya sering dibeli oleh mahasiswa diantaranyanya makanan yang berbau Jepangseperti ramen, tepan, teriyaki, dan lain-lain.

Selain itu mahasiswa biasanya sudah mulai suka dengan makanan yang agar kebarat-baratan (western) seperti ayam tepung goreng, burger, spageti ya intinya makanan yang fast food (siap saji) gitu. Intinya mah kalau mau jual makanan ke mahasiswa itu yang terpenting harganya murah (harga mahasiswa) tapi rasanya tetap enak dilidah.

Untuk jenis minuman sebenarnya jual apa saja bisa laku sama mahasiswa asalkan minuman yang dingin atau pakai es gitu.

Sebenarnya untuk jenis makanan yang laku dijual kepada mahasiswa jenis ada banyak sekali. Di kawasan kampus saya saja ada ratusan jenis makanan yang sering dijual kepada mahasiswa dan itu laku. Dan setiap tahun selalu ada jenis makanan dan minuman baru yang muncul.

Kalau ingin jelasnya sebaiknya coba datang berkunjung kekawasan kampus tertentu dan lihat jenis makanan apa saja yang laku dijual disana. Selain itu jika dekat dengan kawasan kota Bandung bisa datang ke kawasan pusat jajanan mahasiswa kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung yaitu Geger Kalong Girang lokasinya berdekatan dengan Pesantren Darut Tauhiid Aa Gym.

Geger Kalong Girang merupakan nama jalan dan bukan nama bangunan. Nah disepanjang jalan Geger Kalong (disingkat menjadi Gerlong) terdapat banyak sekali jajanan untuk mahasiswa. Datang sekaligus sambil jalan-jalan untuk mendapatkan inspirasi dalam menjalankan usaha kuliner anda.

*)