23 Jasa Ekspedisi Logistik untuk Pengiriman Barang untuk Bisnis Online dan UKM

23 Jasa Logistik untuk Pengiriman Barang untuk Bisnis Online dan UKM - Keberadaan perusahaan jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan bagi pebisnis online dan pengusaha UKM. Perusahaan jasa pengiriman barang atau yang dikenal dengan kurir bisa membantu pebisnis online dan UKM.

Jasa pengiriman barang ini bukan hanya berguna untuk pebisnis online dan UKM saja, tapi kalangan orang biasa juga bisa menggunakan kurir ini. Misalnya ada dokumen atau barang yang ingin dikirim keluar kota bisa mengunakan jasa kurir ini.



23 Jasa Logistik untuk Pengiriman Barang untuk Bisnis Online dan UKM


Jika kamu seorang pengusaha UKM atau yang sedang melakukan bisnis online, ada 23 jasa pengiriman barang yang bisa kamu gunakan diantaranya.

1. JNE Express


JNE merupakan perusahaan jasa kurir yang cukup populer digunakan khususnya untuk wilayah perkotaan. Kelebihan JNE dalam penawarannya adalah tarif berdasarkan jarak. Jika jaraknya dekat, maka tarifnya bisa menjadi lebih murah. Semakin jauh jarak pengiriman barang maka semakin mahal. JNE sendiri agak kurang populer untuk pengiriman jarak jauh.

2. Pos Indonesia


Pos Indonesia merupakan perusahaan jasa kurir BUMN atau perusahaan yang dimiliki oleh negara. Pos Indonesia menjadi perusahaan jasa yang cukup populer digunakan karena bisa menjangkau daerah terpencil sekalipun. Kelebihan Pos Indonesia yaitu memiliki tarif pengiriman yang murah. Selain itu jauh dan dekat harganya sama dan sangat terjangkau.

3. TIKI atau Titipan Kilat


TIKI merupakan perusahaan jasa untuk pengiriman barang. TIKI bisa menjadi alternatif untuk pengiriman yang lebih cepat. Namun yang menjadi kekurangan adalah biaya pengiriman yang agak mahal dibandingkan JNE dan Pos Indonesia.

4. Wahana Prestasi Logistik


Wahana Prestasi Logistik merupakan perusahaan jasa pengiriman barang atau kurir yang populer di Indonesia. Namun Wahana kebanyakan hanya tersebar di wilayah perkotaan dan belum menjangkau sampai daerah terpencil. Namun ini bisa menjadi alternatif karena biaya pengiriman yang murah.

5. Pandu Logistics


Pandu Logistics merupakan perusahaan jasa pengiriman barang atau kurir yang cukup populer. Pandu Logistics juga pernah dipercaya oleh Lazada Indonesia untuk menjadi partner pengiriman barang. Jaringan Pandu Logistics cukup luas namun belum menjangkau semua wilayah Indonesia.

6. Indah Cargo Logistik


Indah Logistik atau sering disebut sebagai Indah Cargo Logistik merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam pengiriman barang atau kurir. Selain itu Indah Logistik dikenal sebagai perusahaan pengiriman barang yang menerima pengiriman dalam jumlah besar atau yang berukuran berat. Indah Logistik sering digunakan untuk pengiriman grosir atau pengiriman dalam jumlah besar.

7. EMS Indonesia


EMS atau Express Mail Service merupakan layanan pengiriman surat dari Pos Indonesia. Biasanya EMS ini sering digunakan untuk pengiriman surat keluar negeri. Namun saat ini bukan hanya surat yang bisa dikirim dari Indonesia keluar negeri tapi bisa berupa barang dan dokumen.

8. SiCepat Express


SiCepat Express merupakan perusahaan logistik yang baru berdiri di Indonesia. Perusahaan logistik ini berdiri baru berdiri sejak tahun 2004. SiCepat ini bisa menjadi solusi untuk pebisnis online dan UKM. Namun yang menjadi kekurangan, SiCepat masih kurang tersedia di beberapa kota di Indonesia. SiCepat sudah melakukan kerjasama dengan Tokopedia.

9. ESL Express


ESL Express merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang dibantu dengan Armada Bus Lorena Grup. ESL Express saat ini sudah tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Saat ini ESL Express hanya memanfaat pengiriman barang menggunakan angkutan darat. ESL Express melayani pengiriman paket, dokumen, kendaraan bermotor maupun kargo.

10. Gojek Indonesia


Gojek merupakan perusahaan startup atau perusahaan yang baru berdiri. Perusahaan Gojek Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi. Namun selain jasa transportasi, Gojek melayani jasa kurir atau pengiriman barang. Gojek bisa dijadikan pilihan untuk pengiriman barang untuk jarak dekat. Gojek juga dijadikan partner oleh Bukalapak.com untuk membantu proses pengiriman barang.

11. Herona Express


Herona Express adalah perusahan pengiriman barang yang merupakan anak usaha dari PT Kereta Api. Herona Express bisa digunakan untuk mengirimkan barang menggunakan kereta api dan truck box. Namun saat ini Herona Express sudah menambah layanan dengan menggunakan angkutan udara untuk mempercepat proses pengiriman barang.

12. PCP Ekspress


13. Pahala Ekpress


Pahala Express merupakan perusahaan jasa pengiriman yang cukup populer. Pahala express melayani jasa pengiriman barang, kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil.

14. Tikindo


Tikindo merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang melayani jasa kiriman barang baik dalam maupun luar negeri.

15. CitoXpress


CitoXpress adalah perusahaan pengiriman barang pos dan logistik di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1990. CitoXpress sering dijadikan mitra untuk pengiriman barang oleh perusahaan.

16. REX Indonesia


REX Indonesia atau Royal Express Indonesia merupakan perusahaan logistik yang melayani jasa pengiriman barang. REX Indonesia melayani pengiriman barang baik dalam maupun luar negeri.

17. Nex Logistics


Nex Logistics atau Nusa Prima Ekspress adalah perusahaan logistik yang melayani pengiriman barang berupa dokumen maupun produk barang. NEX Logistics juga dijadikan mitra oleh perusahaan ecommerce di Indonesia.

18. Lion Express


Lion Express merupakan perusahaan jasa logistik yang merupakan Grup dari perusahaan penerbangan Lion Group (Lion Air, Batik Air dan Wings Air).

19. Rosalia Express


Rosalia Express merupakan perusahaan logistik yang baru berdiri di Indonesia. Rosalia Express berdiri pada 2004 dan saat ini sudah memiliki cabang diseluruh Indonesia. Rosalia Express memiliki kelebihan yaitu pengiriman barang yang murah.

20. J&T Express


J&T Express merupakan perusahaan logistik yang didirikan oleh perusahaan teknologi OPPO Indonesia. Oppo merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai produk smartphone dan produk lainnya.

21. First Logistics


First Logistics merupakan perusahaan logistik untuk pengiriman barang yang baru dikenal di Indonesia. First Logistics mulai dikenal sejak perusahaan ini melakukan kerjasama dengan ecommerce Lazada dan Zalora. Selain itu Tokopedia juga menggunakan First Logistics untuk mempermudah distribusi produk.

22. Cahaya Logistik


Cahaya Logistik merupakan perusahaan logistik untuk pengiriman barang yang berpusat di Jakarta Selatan. Cahaya Logistik saat ini menjadi partner ecommerce Tokopedia untuk proses pengiriman barang.

23. RPX Holding


RPX Holding merupakan perusahaan logistik yang menerima pengiriman berupa barang dan dokumen. Untuk mempercepat proses pengiriman RPX Holding menggunakan angkutan darat, laut dan udara.

Kesimpulannya


Sebenarnya bukan hanya perusahaan UKM dan bisnis online yang menggunakan jasa kurir diatas. Tapi perusahaan besar, pemerintahan, dan perorangan juga bisa menggunakan jasa perusahaan logistik diatas.

*)