7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis - Bisnis sebenarnya merupakan suatu yang menyenangkan jika benar-benar kita nikmati. Menikmati bisnis adalah kita nyaman menjalankan bisnis yang kita geluti tersebut. Ada banyak sebab yang menyebabkan bisnis yang kita jalankan menjadi menyenangkan dan ada banyak pula yang menyebabkan kita jenuh dalam berbisnis.

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis
Sumber: Freepik


7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis


Untuk mengatasi kejenuhan dalam berbisnis, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Sebenarnya kita sendirilah yang paling mengerti cara mengatasi kejenuhan yang kita rasakan. Misalnya jika kita jenuh bermain game, kita sendiri yang paling mengerti mengatasi kejenuhan yang kita rasakan ketika bermain game, begitu juga dengan bisnis. Untuk baca uraian berikut ini.

1. Merefresh Pikiran agar Lebih Segar dan Semangat Menjalankan Bisnis


Caranya mengatasi kejenuhan dalam bisnis dengan refresing. Refreshing yang bisa dilakukan dengan jalan-jalan wisata, tidak terlalu memikirkan, berolahraga, menghabiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga dan banyak lagi hal yang membuat pikiran kita menjadi segar dan lebih semangat menjalankan bisnis.

Selain yang disebutkan diatas masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kejenuhan kita ketika berbisnis. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memanfaatkan waktu liburan untuk menyegarkan pikiran. Jangan sia-siakan waktu liburan untuk bekerja. Waktu libur ya libur, waktu kerja ya kerja. Sehingga nantinya memasuki hari kerja kita tetap bisa semangat.

2. Mengubah Haluan Bisnis atau Menggantinya dengan Bisnis yang Menguntungkan


Sama seperti yang saya rasakan dahulu ketika saya berbisnis dibidang fashion. Hampir setengah tahun saya menjalankan bisnis fashion. Bisnis sudah berjalan lama tapi bisnis tersebut tidak menghasilkan keuntungan yang besar. Bukannya untung tapi malah rugi. Yang saya lakukan adalah mengganti dengan bisnis lain yang lebih menguntungkan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kenyamana dalam berbisnis salah satunya dipengaruhi oleh keuntungan yang didapatkan, makin besar keuntungan makin asik dan nyaman dalam menjalankan bisnis. Apalagi kalau kerjanya mudah tapi dapat untung besar, ini lebih asik lagi. Jujur saja, saya lebih suka kerja yang dapat untung besar tapi kerjanya mudah dan tidak ribet.

Perlu juga diketahui bahwa standar nyaman setiap orang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Bisa saja pekerjaan tersebut mengasyikkan menurut orang tertentu, tapi bisa saja menurut yang lain pekerjaan tersebut membosankan. Intinya, pilih bisnis yang lain yang sekiranya bisa membuat kita nyaman dan tidak menbosankan.

3. Mencoba Bisnis yang Lebih Menantang


Tipe orang-orang didunia ini bermacam-macam. Ada yang tipenya menyukai tantangan dan ada pula yang pebisnis yang menghindari tantangan. Jika kita termasuk tipe orang yang menyukai tantangan, bisnis yang menantang seperti ini layak dicoba. Bisnis yang menantang bukan berarti bisnis yang ditentang oleh banyak orang atau hukum, tapi bisnis yang memiliki risiko yang besar.

4. Melakukan Studi Banding dengan Bidang Bisnis yang Sejenis


Sebenarnya yang membuat bisnis yang kita jalankan menyenangkan dan membosankan datang dari diri kita sendiri. Oleh karena kita yang paling tau cara mengatasinya. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggubah strategi atau cara dibisnis yang kita jalankan agar tidak membosankan.

6. Membuat Unit Kegiatan Baru atau Inovasi dalam Berbisnis


Membuat kegiatan baru dalam bisnis bisa membantu mengatasi kejenuhan dan kebosanan dalam menjalankan bisnis. Jenuh dan bosan itu datang karena kegiatan yang sering kita lakukan hanya itu-itu saja, dan tidak ada jenis kegiatan baru. Membuat kegiatan baru dalam bisnis bisa dilakukan dengan cara berinovasi membuat produk baru atau menambah unit kegiatan bisnis yang baru.

7. Berhenti Sementara Waktu atau untuk Jangka Panjang


Berhenti atau vakum dari kegiatan bisnis merupakan langkah terakhir yang bisa dilakukan ketika kita sudah benar-benar jenuh ketika berbisnis. Untuk saat ini ada baiknya langkah ini diambil, tapi akan lebih baik lagi jika kita tetap melanjutkan bisnis yang sudah kita jalankan. Kalau vakum ada baiknya jangan vakum terlalu lama, dan berusahalah untuk tetap bangkit.

Kesimpulannya

Jika kita sudah mengalami kejenuhan dalam berbisnis, penting bagi kita untuk melakukan refresing sehingga kita bisa kembali semangat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita kembali semangat. Jika tidak mau mengeluarkan banyak uang pilihlah yang murah meriah saja. Namun pada intinya kembali lagi pada kebutuhan kita masing-masing.

*)