3 Cara Mengatur Keuangan dari Gaji Pertama Kamu

3 Cara Mengatur Keuangan dari Gaji Pertama Kamu - Bagi para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja seperti karyawan kantoran lainnya, pasti merupakan pengalaman yang sangat beharga. Terlebih lagi ketika kamu sudah mendapatkan gaji pertama dari pekerjaan tersebut.


3 Cara Mengatur Keuangan dari Gaji Pertama Kamu
Sumber: Pixabay

3 Cara Mengatur Keuangan dari Gaji Pertama Kamu


Untuk para fresh graduate mengatur pemasukan serta pengeluaran pada saat menerima gaji pertama bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar dapat mengatur gaji pertamamu dengan baik. Check this out!

1. Membuat List atau Daftar Pengeluaran


Budget merupakan perkiraan dari sebuah pengeluaran. Pada dasarnya jika kamu ingin membuat sebuah budget disarankan agar membuatnya dengan teliti. Kamu dapat memulainya dengan menuliskan apa saja yang menjadi pengeluaran wajib dan bersifat rutin setiap bulannya.

Selanjutnya kamu dapat menuliskan pengeluaran yang bersifat kurang penting atau dengan kata lain pengeluaran tersebut tidak wajib dikeluarkan bulan ini. Setelah itu kamu juga harus menuliskan estimasi budget yang akan kamu keluarkan. Hal tersebut berguna sebagai bayangan uang yang harus kamu keluarkan.

2. Melakukan Riset Tabungan


Tabungan pada dasarnya berfungsi sebagai tempat kita menyimpan uang dan kita dapat mengambil uang tersbut kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Namun, tahukah kamu ada dua jenis tabungan yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

Pertama adalah tabungan biasa atau dengan kata lain yang dapat kamu ambil kapanpun dan kedua adalah tabungan tetap yang tidak dapat diambil dan kamu harus menunggu waktu sesuai dengan kesepakatan baru dapat mengambil uang tersebut.

Nah, bagi kamu yang baru mendapatkan gaji pertama disarankan agar kamu memilih tabungan tetap. Hal tersebut bertujuan sebagai tabungan masa depan yang akan kamu rasakan dampaknya di hari tua nanti.

3. Mengikuti Arisan Bersama Rekan atau Teman


Arisan merupakan salah satu kegiatan yang jika dilakukan dengan baik dapat menguntungkan. Arisan dapat diibaratkan sebagai tabungan gaib yang kita miliki. Hal tersebut dikarenakan jika kita mengikuti arisan kita tidak dapat mengetahui kapan kita keluar arisan atau dengan kata lain mendapatkan uang arisan tersebut.

Kamu bisa saja mendapatkan uang tersebut disaat kamu membutuhkannya atau disaat kamu kurang begitu membutuhkan uang tersebut karena kamu masih memiliki cukup uang.

Nah, itu dia tiga hal yang dapat lakukan jika menerima gaji pertama, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu para pekerja fresh graduate. Bukan hanya untuk freshgraduate saja tapi informasi ini juga bermanfaat untuk yang lainnya juga kok. Selamat mencoba ya!

Kontributor: HaloMoney.co.id

*)