11 Bisnis yang Bisa Dijalankan oleh Anak Sekolah atau Pelajar

11 Bisnis yang Bisa Dijalankan oleh Anak Sekolah atau Pelajar - Berbisnis merupakan salah satu kegiatan yang tidak dibatasi oleh usia, sehingga usia berapapun kita boleh berbisnis. Kalangan muda khususnya pelajar atau anak sekolah juga bisa berbisnis. Sebenarnya berbisnis bagi sebagian orang merupakan suata kata yang identik dengan kegiatan usaha yang berskala besar. Padahal kegiatan usaha kecil juga termasuk kegiatan bisnis. Bisnis bukan hanya kegiatan usaha yang dilakukan di pabrik-pabrik besar, diperusahaan besar, di kantor-kantor. Tetapi bisnis kecil seperti toko kecil, usaha dagang kecil juga termasuk kegiatan bisnis.

Ada banyak kegiatan bisnis yang bisa kita lakukan, semua usia bisa melakukan kegiatan bisnis. Pelajar dan anak sekolah juga bisa melakukan usaha bisnis. Saya senang sekali jika tulisan ini dibaca oleh seorang pelajar, karena ini menunjukkan bahwa pemikirannya sudah beberapa langkah lebih maju dibandingkan teman-teman yang lain (termasuk mahasiswa) yang hanya bisa menghabiskan uang. Sibuk menghamburkan uang yang ada tanpa berpikir bagaimana cara mendapatkan dan mencari uang sendiri.

Bisnis untuk skala siswa sekolah, pelajar sebenarnya tidak perlu bisnis yang terlalu muluk menjalankan bisnis yang besar, tetapi bisnis skala kecil juga bisa dijalankan oleh pelajar. Meskipun usaha tersebut tidak terlalu besar, tapi tetap saja usaha tersebut sebagai kegiatan bisnis.

Berbisnis ketika masih usia sekolah memiliki beberapa manfaat diantaranya bisa mengerti cara mendapatkan penghasilan sendiri walaupun sedikit, bisa membantu dan tidak terlalu menyusahkan orang tua, bisa mengerti bagaimana perjuangan mendapatkan penghasilan sendiri dan banyak lagi manfaat lainnya.


11 Bisnis yang Bisa Dijalankan oleh Anak Sekolah atau Pelajar


Sebenarnya ada banyak jenis bisnis atau usaha yang bisa dijalankan oleh pelajar, tapi saya hanya akan memberikan beberapa jenis bidang usaha saja. Bidang usaha ini dirasa cocok untuk dijalankan oleh pelajar karena tidak membutukan modal yang terlalu besar.


1. Bisnis Jualan Pulsa dan Kuota Internet Elektronik


Bisnis jualan pulsa merupakan bisnis yang mudah dilakukan oleh pelajar karena seorang pelajar biasanya dekat dengan konsumen. Calon konsumen dari usaha bisnis pulsa ini berasal dari kalangan pelajar dan orang-orang terdekat kita. Banyangkan saja jika satu sekolah dengan jumlah siswa 300 orang membeli pulsa kita senilai 6 ribu rupiah, akan banyak sekali uang yang bisa kita dapatkan dari bisnis jualan pulsa. Lagi pula pulsa ini penting bisa digunakan untuk smartphone dalam mengakses sosial media, SMS dan menelpon.

Bisnis jualan pulsa ini juga sering diterapkan oleh teman-teman terdekat saya ketika masih sekolah dulu. Meskipun untungnya hanya seribu rupiah tapi jika pembelinya banyak, jumlahnya juga bisa banyak. Lumayan, uang keuntungannya bisa dipakai untuk beli bensin motor atau untuk jajan.


2. Bisnis Percetakan dan Foto Copy Tugas Sekolah


Tugas bagi seorang pelajar merupakan salah satu hal biasa. Ada berbagai macam tugas yang dimiliki oleh pelajar sekolah. Ada yang bentuknya foto copian, print, jilid dan banyak lagi bentuk tugas lainnya.

Ada baiknya tugas seperti itu dijadikan peluang untuk berbisnis bagi pelajar. Ambil saja selisih sedikit dari harga asli dengan harga yang kita berikan kepada teman sebagai keuntungan buat kita.

Cara ini lumayan menguntungkan, jika satu kelas minta bantuan dengan kita maka bisa dapat untung. Meskipun jumlahnya tidak banyak, setidaknya cara ini bisa menutupi uang jajan kita dalam sehari.


3. Bisnis Jual Beli Alat Tulis


Namanya berbisnis kita tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar, salah satunya adalah bisnis jual beli alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus, penggaris, jangka, peruncing pensil dan banyak lagi alat tulis lainnya.

Meskipun disekolah sudah tersedia tempat menjual alat tulis tidak ada salahnya kita berbisnis jual beli alat tulis dilingkungan kelas. Agar bisnisnya berlancar jangan memasang harga yang terlalu tinggi, pasang harga yang sesuai denga harga pasaran.


4. Bisnis Aksesoris dan Pernak Pernik


Bisnis aksesoris juga bisa dijalankan oleh pelajar. Bisnis aksesoris bisa berupa barang yang kita buat sendiri lalu dijual ke teman-teman atau juga aksesoris yang dibeli di toko aksesoris lalu dijual ke teman-teman atau orang-orang sekitar.

Bisnis aksesoris ini bisa berupa gelang, cincin, kalung, jam tangan, gantungan kunci, gantungan handphone, aksesoris smartphone, dan banyak lagi. Sesuai dengan zamannya, pelajar itu menyukai sesuatu yang unik dan lucu.


5. Bisnis Jual Beli Buku Tulis atau Buku Pelajaran


Bisnis jual beli buku lumayan cocok diterapkan dilingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan pelajar memang membutuhkan barang yang kita jual tersebut. Buku tulis dan buku pelajaran merupakan hal yang penting bagi pelajar. Meskipun buku sudah banyak dijual, tapi terkadang ada jenis buku yang sulit ditemui dan kita bisa menawarkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Salah satu jenis buku yang kerap diincar oleh pelajar yaitu buku tentang UN atau ujian nasional, buku psikotes, buku ujian seleksi masuk universitas, kamus, buku tips dan trik belajar dan banyak lagi. Buku-buku tersebut merupakan jenis buku yang sering dibutuhkan pelajar di sekolah.


6. Bisnis Jajanan Makanan Ringan


Siswa sekolah biasanya suka dengan jajanan makanan ringan seperti keripik, gorengan, roti donat, minuman ringan menyegarkan atau jajanan jenis lainnya yang harganya terjangkau oleh kantong pelajar. Mengingat banyaknya kasus yang membahas tentang bahaya jajanan pinggir jalan yang mengandung zat berbahaya seperti borak dan formalin.

Tentunya jajan yang kita buat sendiri dirumah yang kebersihannya lebih dijamin akan lebih laris karena tidak mengandung zat berbahaya yang aman buat tubuh manusia. Besar peluangnya jika bisnis seperti ini laris di perjual belikan dilingkungan sekolah.


7. Jualan Pakaian atau Bidang Fashion


Jenis bisnis jualan pakaian pernah dijalankan oleh teman sekelas saya disekolah. Khususnya untuk pelajar perempuan menyukai bisnis ini dan mereka lebih tertarik untuk membelinya ketimbang siswa yang laki-laki.


8. Menjual Jasa Desain Multimedia dan Fotografi


Banyak dari kalangan pelajar yang sudah mampu dan mengerti tentang multimedia seperti edit foto, fotografi, gambar, video, poster dan lain-lain. Ada baiknya kemampuan ini dijadikan peluang bisnis, dengan cara menawarkan jasa kepada yang membutuhkannnya.

Menawarkan jasa multimedia membutuhkan keahlian dalam mengoperasikan aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw, dan jenis aplikasi multimedia lainnya. Cara mengoperasikan aplikasi ini bisa dipelajari secara otodidak melalui internet.


9. Bisnis Penyewaan Kamera


Kadang bagi teman-teman yang masih pelajar ada yang sudah memiliki kamera sendiri. Jenis kameranya ada bermacam-macam yaitu kemera digital, DSLR, mirrorless, adventure dan jenis kamera lainnya.

Daripada barang tersebut mengganggur tidak produktif ada baiknya disewakan saja kepada yang membutuhkannya misalnya teman dikelas, sekolah, teman dekat atau siapapun itu. Agar laku, jangan lupa pasang tarif yang terjangkau untuk segmen pelajar. Buat aturan kesepakatan atau MOU antara kita dengan peminjam agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


10. Bisnis Penyewaan Alat Musik


Ada banyak siswa sekolah yang memiliki alat musik yang lengkap tetapi tidak terpakai, sehingga ada yang terlantar begitu saja. Dari terlantar begitu saja lebih baik disewakan kepada teman-teman. Disekolah biasanya tidak banyak yang memiliki alat musik yang full set, sehingga kita bisa membantu dengan menyewakan kepada yang membutuhkan.

Agar laris jangan mematok harga yang terlalu tinggi. Dan berikan juga fasilitas penyewaan alat musik per item misalnya drum saja atau gitar saja. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan jangan lupa buat aturan kebijakan penyewaan barang.


11. Penyewaan Rental Game Play Station


Di kalangan pelajar atau siswa sekolah biasanya ada yang sudah memiliki mainan Play Station seperti PS1, PS2, PS3, PS4 dan juga Xbox. Jika kita punya mainan seperti itu sewakan saja kepada teman-teman yang ingin memainkannya. Pasang tarif yang lebih murah dibandingkan tarif rental yang bayarannya per jam. Kita bisa memasang harga yang lebih murah misalnya dengan harga paketan perhari.


Kesimpulan


Sebenarnya ada banyak lagi kegiatan bisnis yang bisa kita jalankan ketika masih menjadi pelajar atau menjadi siswa sekolah. Ini hanya beberapa contoh saja, selain yang dasebutkan disini ada banyak lagi bisnis yang bisa dijalankan pelajar. Kembali lagi kepada kreativitas dan kemampuan pelajar dalam menangkap peluang bisnis yang ada disekitarnya, dan bisa pula peluang bisnis tersebut tidak disebutkan di artikel ini. Bisa pula bisnis ini dilakukan untuk jangka panjang.

*)