4 Bisnis Makanan yang Layak Dicoba oleh Mahasiswa Kampus

4 Bisnis Makanan yang Layak Dicoba oleh Mahasiswa Kampus - Memasuki dunia perkuliahan, kita mulai melihat banyak peluang bisnis yang bisa kita jalankan dikampus. Sebenarnya simple sih, Cuma untuk mencari pendapatan sampingan. Kan lumayan buat nambah kantong. Pelajaran sederhana dan yang paling berguna dari berbisnis dikampus yaitu “Ternyata mencari uang itu tidak mudah dan butuh kerja keras”.

Meskipun banyak bisnis dikampus yang tidak begitu besar namun pelajaran hidup yang didapatkan jauh lebih lebih berharga dari uang yang kita dapatkan. Kita jadi mengerti bagaimana susah dan sulitnya orang tua kita dalam mencari uang untuk membiayai hidup kita. Untuk kita perlu untuk mencoba bisnis yang bisa membantu keuangan saat kuliah.


4 Bisnis Makanan yang Layak Dicoba oleh Mahasiswa Kampus


Berikut ini ada 4 kelompok bisnis kuliner yang bisa kamu coba di kampus. Langsung saja keintinya tentang bisnis apa saja dibidang makanan yang layak dicoba ketika di kampus.


1. Bisnis Makanan Ringan


Bisnis makanan ringan merupakan bidang bisnis yang lumayan simple dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Sehingga dengan modal yang tidak terlalu besar kita bisa menjalankan bisnis meskipun modal yang kita miliki kecil.

Selain bisnis makanan tidak membutuhkan modal yang besar, bisnis makanan ringan cenderung disukai oleh teman-teman mahasiswa, karena harganya murah dan sesuai dengan kantong mahasiswa. Ada banyak jenis makanan ringan, dan setiap daerah pasti memilikinya, sebagai contoh misalnya.

1. Macaroni
2. Seblak
3. Keripik
4. Kacang-kacangan goreng


2. Aneka Makanan Sejenis Roti dan Donat


Makanan roti donat merupakan bisnis yang cukup laris di kampus, karena mahasiswa biasanya ketika sarapan tidak sempat untuk sarapan. Salah satu solusinya adalah roti donat, selain harganya murah meriah, juga bisa dikonsumsi kapan pun dan dimana pun. So simple.


3. Aneka Macam Gorengan


Yang namanya gorengan hampir semua orang menyukai jenis makanan ini. Meskipun begitu sebenarnya makanan ini termasuk dalam ketegori makanan ringan, tapi menurut saya gorengan merupakan makanan semi berat. Seperti yang sudah kita ketahui ada banyak macam-macam gorengan yang bisa dijual diantaranya:

1. Bakwan
2. Tahu isi
3. Pastel
4. Kroket
5. Pisang goreng


4. Minuman Rasa-Rasa


Minuman rasa-rasa yang dimaksud disini adalah minuman yang memiliki rasa manis dingin dan menyegarkan. Minuman rasa-rasa disukai karena bisa mengurangi penat dan letih karena efek minuman yang bisa menyegarkan. Minuman rasa-rasa ini juga bisa membantu menghilangkan rasa haus dahaga orang-orang dikampus, seperti mahasiswa dan juga dosen-dosen. Contoh minuman rasa-rasa diantaranya:

1. Aneka macam jus
2. Teh es manis
3. Aneka minuman kopi
4. Es buah

Nah kira-kira itulah aneka bisnis makanan yang bisa dan mudah dijalankan dikampus. Sebenarnya ada banyak macam bisnis makanan lainnya yang laku dijual dikampus, contohnya nasi goreng, nasi bungkus, mie goreng dan jenis makanan berat lainnya. Gampang kok, kalau kita pintar dan cerdas dalam melihat peluang ada banyak bisnis yang bisa dijalankan di sekitar kampus.

*)