Bagaimana Cara Membuka dan Menjalankan Bisnis Les Privat?

Bagaimana Cara Membuka dan Menjalankan Bisnis Les Privat? - Saat sekarang ini pendidikan mulai dilihat sebagai sesuatu yang penting. Berbeda dengan zaman dulu pendidikan sebagai sesutu yang dipandang sebelah mata. Oleh karena itu besar peluang untuk membuka usaha jasa les bisnis privat baik itu untuk les privat SD, SMP atau SMA bisa kita tawarkan jika kita punya kemampuan.


Bagaiamana Cara Berbisnis Les Privat?


Mengenai cara berbisnis les privat ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Tidak perlu memiliki lembaga bisnis privat yang besar seperti Primagama, Quantum, Neutron dan lain. Dengan modal kemampuan mengajar, kita juga bisa membuka usaha bisnis privat secara mandiri baik itu dirumah atau dikontrakan yang kita miliki.

Jika kita seorang guru, kita bisa membuka usaha bisnis privat dirumah dlluar jam mengajar kita disekolah. Misalnya kita mengajar disekolah dari jam 7 sampai jam 2 siang. Ketika sorenya misalnya jam 3 atau jam 4 kita bisa membuka les privat.

Jika kita seorang mahasiswa kita juga bisa membuka usaha les privat dikosan/kontrakan atau dirumah. Bagi mahasiswa, jadwal les disesuaikan dengan jadwal libur perkuliahan dikampus. Misalnya ketika libur kuliah atau ketika jadwal free.

Sebenarnya latar belakang profesi apapun bisa membuka usaha bisnis privat dan tidak harus latar belakang pendidikan tinggi. Jika kita memiliki kemampuan memasak kita juga bisa buka les privat memasak. Jika kita bisa bermusik kita juga bisa membuka usaha les privat bermusik baik itu gitar, drum, piano, biola dan alat musik lainnya. Jadi, profesi apapun bisa buka les privat, yang penting kita ahli dibidang tersebut.


Bagaimana Cara Mempromosikan Bisnis Privat yang Kita Miliki?


Untuk promosi saat ini lebih mudah dibandingkan dengan zaman dulu. Sekarang ada banyak cara promosi yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis les privat yang kita miliki. Berikut ini caranya:

1. Dengan mempromosikan lewat sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan sosil media lain.
2. Lewat situs pribadi atau blog gratis seperti Blogspot, Wordpress, Blogdetik, Tumblr atau blog ratis lainnya.
3. Menyebarkan selebaran tentang les privat.
Lewat media massa seperti koran, majalah atau surat kabar.
4. Lewat situs jual beli untuk penawaran jasa.


Berdasarkan pengalaman teman saya yang membuka bisnis privat pernah mempromosikan usaha bisnis les privat lewat koran dan caranya lumayan efektif untuk mendatangkan konsumen dibandingkan dengan media yang lain.


Bagaimana Caranya dalam Menetapkan Bayaran atau Tarif Les Privat?


Untuk menentukan tarif kita bisa mengambil referensi dari usaha privat yang lain. Usahakan bisnis privat yang kita jalankan menggunakan tarif yang terjangkau. Terjangkau maksudnya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Untuk bayaran bisa di sesuaikan waktunya. Bisa per pertemuan, perminggu atau perbulan. Tapi agar usaha bisnis privat yang dijalankan mendapatkan berkah jangan lupa berdoa ketika memulainya dan disertai dengan niat yang ikhlas.


*)