6 Alasan Wanita Cocok untuk Menjalankan Bisnis Online

6 Alasan Wanita Cocok untuk Menjalankan Bisnis Online - Jika ada muncul pertanyaan seperti ini maka saya akan memberikan jawaban bisnis online merupakan bisnis yang paling cocok. Sebenarnya jika berbicara mengenai bisnis hampir semua bisnis bisa dilakukan dan bisa dikerjakan oleh wanita. Ada banyak bisnis yang bisa dilakukan oleh wanita. Tetapi dari sekian banyak bisnis, saya menyarankan bisnis online.


6 Alasan Wanita Cocok untuk Menjalankan Bisnis Online
Sumber: Google Image


6 Alasan Wanita Cocok untuk Menjalankan Bisnis Online


Mengapa Menyarankan Wanita untuk Berbisnis Online? Karena bisnis online itu lebih mudah ketimbang bisnis konvensional. Berikut ini ada beberapa alasannnya yang menjadi alasan mengapa kaum wanita cocok untuk menjalankan bisnis online.


1. Bisnis Online Tidak Memerlukan Banyak Modal


Bisnis konvensional yaitu bisnis yang harus menyediakan lapak atau tempat berjualan. Tentunya jika kita menyewa, membeli atau membuat lapak baru ini akan membutuhkan modal yang cukup banyak. Tetapi walaupun begitu tidak salah juga jika wanita membuat bisnis secara konvensional misalnya dengan memiliki lapak berjualan.

Tapi jika bisnis yang mudah dan tanpa mengeluarkan banyak modal berupa uang, bisnis online merupakan salah satu pilihan yang pas. Dengan bisnis online kita tidak perlu lagi memikirkan biaya mengenai pembangunan lapak yang membutuhkan modal yang besar. Kita hanya membutuhkan akun bisnis saja.

Membuat akun bisnis bisa dibuat di berbagai tempat untuk jual beli online. Situs yang paling sering digunakan untuk bisnis jual beli online yaitu OlX, Berniaga, Tokopedia, Bukalapak dan banyak lagi situs kecil lainnya. Dan jika kita membuat toko online di situs tersebut kita tidak dikenakan biaya alias gratis.


2. Wanita Memiliki Banyak Waktu Luang Ketimbang Laki-Laki


Wanita biasanya juga memiliki waktu luang lebih banyak ketimbang laki-laki / pria. Biasanya untuk mengisi waktu luang wanita lebih suka menonton, misalnya nonton acara senetron atau acara gossip. Agar kegiatan diwaktu luang tidak terbuang sia-sia dan bisa lebih produktif ada baiknya wanita berbisnis online.

Sambil mengisi waktu luang wanita bisa mengisi waktunya dengan berjualan online, misalnya dengan berjualan pakaian atau fashion, baik itu pakaian orang dewasa maupun pakaian anak-anak dan juga pakaian bayi, aksesoris seperti gelang kalung dan sebagainya, atau produk kuliner juga bisa diperjual belikan secara online.


3. Wanita Memahami Keinginan dan Kebutuhan Konsumen atau Calon Pembeli


Wanita itu suka berbelanja kemanapun pergi pasti ada saja barang yang ingin dibeli oleh wanita. Wanita juga memahami betul bagaimana kondisi barang yang dijual. Sehingga wanita bisa memahami barang apa saja yang cocok dan barang yang mana saja yang tidak cocok.

Penilaian-penilaian seperti ini yang membuat wanita memahami betul apa yang diinginkan konsumen, karena wanita juga konsumen. Sehingga dengan alasan ini rasanya sangat cocok sekali jika wanita berbisnis online.


4. Bisa Membantu Meningkatkan Popularitas Bisnis yang Sudah Ada Sebelumnya


Bukan hanya itu saja jika wanita yang sudah memiliki usaha sendiri juga bisa memasarkannya lewat toko online. Baik itu usaha barang seperti produk nyata maupun produk jasa misalnya konveksi pembuatan pakaian, dan berbagai macam jasa lain yang bisa ditawarkan lainnya.

Keuntungan jika kita memiliki bisnis yang dipromosikan secara online bisa mendatangkan omset yang lebih besar lagi. Bukan hanya itu saja dengan memasarkan usaha secara online juga akan menambah pangsa pasar usaha yang sudah ada sebelumnya bahkan bisa dari seluruh Indonesia.


5. Ketekunan yang Dimiliki oleh Kaum Wanita Ketimbang Kaum Laki-Laki


Selain itu wanita itu memiliki kelebihan dibanding laki-laki yakni ketekunan yang wanita miliki. Sebagian besar wanita memiliki sifat tekun, dan mereka bisa fokus. Dan hal ini berbeda dengan laki-laki yang cenderung mudah jenuh, atau semangatnya hanya diawal saja namun ketika sudah lama mereka mulai tidak semangat.

Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan disekitar saya, fenomena yang terjadi lebih cenderung seperti itu. Banyak lelaki yang memulai bisnis online tetapi tidak lama setelah itu bisnis online yang mereka miliki putus ditengah jalan.

Sedangakan tidak dengan wanita, padahal jika dipikir-pikir usaha bisnis yang mereka jalankan tidak memberikan untung yang besar. Tetapi masih banyak yang sampai saat ini bisnisnya masih bertahan dan ada pula sangking tekunnya mereka dalam menggeluti bisnis, mereka bisa mendapatkan omset puluhan juta rupiah.


6. Wanita Suka Berinteraksi dengan Banyak Orang


Banyak yang mengatakan jika wanita memiliki kemampuan berinteraksi dengan banyak orang hal ini terlihat dari perkumpulan yang mereka lakukan misalnya perkumpulan ibu-ibu arisan, PKK, untuk yang masih belum menikah tentunya juga memiliki perkumpulan juga.

Karena kemudahan wanita dalam berinteraksi jika ini diadopsikan kedalam kegiatan bisnis online maka sudah pasti ini akan memberikan sinergi yang positif untuk perkembangan bisnis online yang dimiliki.

Wanita juga memiliki kemampuan berbicara yang handal. Setiap waktu ada saja topik yang ingin dibicarakan ketika wanita berkumpul. Efek pembicaraan dari mulut-kemulut dikalangan wanita ini bisa memberikan keuntungan untuk kegiatan bisnis online. Secara tidak langsung ini akan membantu proses marketing atau pemasaran, lewat viral word of mouth.


Kesimpulan

Itulah beberapa alasan yang menjadi alasan mengapa kaum wanita cocok menjalankan bisnis online. Wanita dinilai memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan kaum pria. Meskipun bukan berupa usaha yang skala besar kamu bisa mengembangkan usaha kecil menengah.

*)