8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai

8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai - Bertravel Forum - Daerah pesisir merupakan daerah yang berdekatan dengan laut atau pantai. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pantai terbanyak di dunia. Bahkan Indonesia didaulat sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Ini artinya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan menguntungkan sekali apabila benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Di Indonesia pantai juga terbagi menjadi beberapa jenis, tapi secara umum pantai itu terbagi dua yaitu pantai untuk wisata dan pantai untuk nelayan. Sebenarnya baik itu pantai wisata maupun kawasan nelayan, sebenarnya sama saja karena sama-sama bisa dimanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar pantai kita perlu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Perlu memanfaatkan peluang usaha dan bisnis yang ada disekitar pesisir pantai.

8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai


8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai


Membahas mengenai peluang usaha, peluang bisnis yang cocok dan sesuai untuk daerah disekitar pantai, sebenarnya ada banyak sekali. Dan terkadang peluang usaha tersebut tidak disadari oleh masyarakat sekitar pantai itu sendiri, malahan orang yang bukan dari kawasan pantai yang bisa melihat peluang tersebut. Oleh karena itu kita akan memberikan beberapa gambaran peluang usaha yang terdapat diwilayah sekitar pantai.

1. Usaha Kecil Rumahan Industri Pengolahan Ikan


Tentunya sudah banyak yang mengetahui jika kawasan pesisir pantai memiliki sumber daya alam yang melimpah berupa ikan yang banyak. Selain ikan ada lagi hewan laut lain seperti seperti cumi-cumi, udang, kerang, dan lain-lain.

Tentunya tidak sama dengan wilayah daratan atau wilayah pengunungan yang memiliki jumlah ikan yang sedikit. Namun banyak orang pesisir yang tidak memanfaatkan peluang ini, mereka hanya menjual ikan yang mentah tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Padahal jika ikan yang banyak tersebut diolah lagi menjadi beberapa jenis makanan lain, tentu ikan tersebut menjadi lebih bernilai lagi dan harga jualnya bisa lebih mahal. Untuk pengolahan ikan kita tidak perlu yang muluk-muluk seperti pengolahan ikan menjadi makan ikan yang dikaleng seperti dipabrik-pabrik.

Cukup pengolahan ikan yang sederhana saja seperti ikan atau udang crispy, keripik dan kerupuk ikan, salai ikan, abon udang atau ikan, terasi atau berbagai makanan yang berbahan dasar ikan lainnya.

Mungkin bagi orang pesisir pantai ikan tidak terlalu berharga, karena melimpah banyak orang yang menjual ikan dengan harga murah. Namun perlu kita ketahui bagi orang-orang diwilayah perkotaan yang didaratan ikan merupakan sesuatu yang berharga. Harga jual ikan untuk wilayah yang jauh dari pantai lebih mahal ketimbang diwilayah pantai.

Oleh karena ikan yang banyak harganya menjadi murah dan kita bisa mendapatkan bahan mentah ikan dengan mudah untuk diolah. Usahakan hasil pengolahan ikan menjadi produk yang tahan lama.

Setelah ikan diolah kita perlu melakukan pengemasan ikan yang baik dan menarik agar orang tertarik membelinya. Perlu diketahui bahwa pengemasan bisa mempengaruhi harga jual produk.

Hasil produk olahan ikan jangan cuma di jual diwilayah sekitar pantai tapi disalurkan juga kewilayah perkotaan. Jika dijual dikota harganya pasti lebih mahal. Untuk mendapatkan pembeli jangan lupa manfaatkan sosial media dan internet, dengan internet kita bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak.

Produk olahan ikan biasanya akan laku dipasaran karena bisa dijadikan camilan atau makanan ringan, oleh-oleh, ciri khas suatu wilayah pantai, dan juga untuk konsumsi sebagai lauk pauk.

2. Peluang Usaha Penyaluran atau Pendistribusian Ikan


Untuk peluang bisnis ini saya kira ini sudah banyak diterapkan diberbagai wilayah pantai. Ikan yang ditangkap nelayan nanti akan dibeli dan akan dibawa kedaerah lain untuk dijual. Bisnis ini bagus, hanya saja rawan terjadi tindak kejahatan yang merugikan nelayan.

Tindak kejahatan tersebut bukan berupa pembunuhan dan kriminal lain, tetapi pendistribusi atau bandar (pengepul) membeli ikan dengan harga yang sangat murah dan terkadang malah merugikan nelayan.

Bisnis seperti ini boleh-boleh saja dilakukan tapi kita sebagai pendistribusi atau bandar ada baiknya membeli ikan dari nelayan dengan harga yang wajar. Meskipun bisnis tapi kita juga harus memperhatikan kesejahteraan nelayan setempat. Membayar hasil kerja nelayan dengan harga yang pantas tentuny akan membuat nelayan semangat untuk terus menangkap ikan di laut.

3. Bisnis Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut


Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang hidup dilaut. Rumput laut bisa dibudidayakan dan memiliki banyak manfaat sehingga banyak dicari oleh orang-orang. Rumput laut bisa dijadikan bahan campuran kosmetik, agar-agar gel, dan berbagai macam produk olahan makanan lainnya. Untuk pengepul rumput laut jika jumlahnya banyak bisa diekspor dan terkadang juga dicari oleh perusahaan besar yang mengolah rumput laut.

Selain itu ternyata rumput laut juga bisa dijadikan makan keripik, buktinya banyak olahan rumput laut yang dijadikan keripik yang ditemukan di pasaran. Selain keripik banyak lagi olahan makan lain yang berasal dari rumput laut.

4. Peluang Usaha Aksesoris dari Cangkang Hewan Laut


Wilayah pantai biasanya sering kita temukan cangkang kerang, siput dan cangkang hewan laut lainnya. Cangkang hewan laut seperti ini bisa dijadikan berbagai macam produk seperti gelang, hiasan, kalung, cincin, gantungan kunci, gantung handphone, wadah atau asbak rokok, dan lain-lainnya. Produk seperti ini bisa digunakan sehari-hari, oleh-oleh, perhiasan dan aksesoris lainnya. Bisa dijual secara convensional maupun secara online melalui internet.

5. Peluang Usaha Pendistribusian dan Pengolahan Kelapa


Pohon kelapa sering dijumpai diwilayah pantai, kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari batang, daun, buah, cangkang, serabut kelapa dan juga air bisa kita manfaat sebagai peluang bisnis. Untuk buah kita bisa menjualnya kedaerah lain yang pohon kelapanya sedikit. Kelapa bisa dijual mentah bisa juga dijual dalam bentuk olahan buah kelapa.

6. Peluang Usaha Budidaya Mutiara


Mutiara merupakan salah satu hasil laut yang memiliki nilai yang tinggi dan harganya mahal. Mutiara sering dijadikan perhiasan. Mutiara dihasilkan oleh kerang mutiara. Jika kerang mutiara bisa dibudidayakan maka ini bisa menguntungkan karena harga jual yang tinggi. Dan jangan takut tidak laku karena pasti ada yang membelinya.

7. Bisnis dan Peluang Usaha Home Stay, Wisma atau Penginapan


Wilayah pantai yang ramai dikunjungi atau pantai wisata biasanya membutuhkan tempat penginapan untuk tempat tinggal sementara. Apalagi untuk wisatawan yang ingin tinggal beberapa hari didekat pantai.

Bisnis home stay atau penginapan sebenarnya sangat mudah karena rumah biasa juga bisa dijadikan home stay tanpa harus mewah seperti hotel. Penginapan seperti ini biasanya sering dijadikan alternatif karena harganya lebih murah dibandingkan dengan hotel. Bisnis seperti ini sudah banyak diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia.

8. Peluang Usaha di Wilayah Pantai Wisata


Pantai wisata merupakan tempat yang banyak memiliki peluang bisnis. Di pantai wisata kita bisa membuka berbagai macam kegiatan bisnis seperti:


  • Perhotelan, penginapan, wisma dan home stay
  • Restoran, rumah makan, warung atau kedai makan
  • Wisata air seperti menyelam, berenang, wisata penyu, dan lain-lain
  • Oleh-oleh pantai wisata
  • Penyewaaan peralatan wisata air seperti perahu, peralatan menyelam, berenang dan banyak lagi
  • Sewa kendaraan bermotor
  • dan lainnya


Kesimpulannya

Jadi peluang itu sebenarnya sudah ada didepan mata kita tinggal kembali kepada diri kita masing-masing mau memanfaatkannya atau tidak. Berdasarkan uraian diatas ada banyak sekali ternyata peluang usaha bisnis untuk wilayah disekitar pantai baik itu berupa barang maupun berupa jas.

Jika itu memang benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat disekitar pantai. Sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang, seharusnya Indonesia bisa sejahtera dengan pantainya.

*)